Kamis, 04 Desember 2014

Hukum Shalat Bertelanjang Dada

Panas begitu dahsyat. Terik matahari begitu menyengat. Anda pun merasa gerah, namun Anda harus melaksanakan shalat.
Anda pun membuka topi Anda. Dan juga pakaian Anda…dan juga celana? Tidak. Ternyata Anda melaksanakan shalat hanya memakai celana dan telanjang dada tanpa memakai baju! Apa sah shalat seperti itu?
Simak pertanyaan dan jawaban berikut ini:
السؤال: الأخ السائل عبد الرحيم من المملكة المغربية يقول في سؤاله الأول:”أحياناً في فصل الصيف وفي شدة الحر فإن بعض الناس يصلي وهو لا يرتدي من اللباس إلا سرولاً،ونصف جسده الأعلى مكشوف”فهل يؤثر هذا على صحة الصلاة إذا كان كذلك فماذا عليه أن يفعل وهل يلزمه إعادة صلواته السابقة؟
Pertanyaan:
Saudara Abdurrahim dari Maroko berkata dalam pertanyaannya yang pertama, “Kadang di musim panas tatkala panas menyengat sebagian orang melaksanakan shalat dalam keadaan tidak memakai pakaian melainkan hanya celana panjang sedangkan separuh badan bagian atas terbuka. Apakah keadaan seperti itu memengaruhi keabsahan shalat? Jika memang memengaruhi, apa yang seharusnya mereka lakukan? Apakah mereka wajib mengulang shalat-shalat mereka yang telah lalu? “
الجواب
الشيخ: لاشك أن من شروط الصلاة ستر العورة لقوله تعالى:+يَا بَنِي آَدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ”وأجمع أهل العلم على بطلان صلاة من صلى عرياناً وهو يستطيع أن يستر عورته ومن شروط ستر العورة أن يكون الساتر صفيقاً لا خفيفاً فإن كان خفيفاً بحيث يرى من ورائه لون الجلد ويتميز به فإنه لا يكون ساتراً وبناءً على ذلك فإنه يجب على المسلم في أيام الحر أن يحترز من هذا اللباس -أعني النوع الخفيف- الذي يتبين من ورائه لون البشرة -أي لون الجلد- وعورة الرجل في صلاته ما بين سرته وركبته فلابد أن يستر هذه المنطقة كلها بثوب صفيق لا يتبين من ورائه لون البشرة وعلى هذا فإن ما ذكره السائل من كونه يُصلي يقتصر على السروال بدون أن يكون عليه رداء أو قميص فإن صلاته صحيحة مادام قد ستر ما بين السرة والركبة لكن الأفضل والأولى أن يتخذ الزينة كلها أو أن يجعل اللباس على البدن كله ولهذا قال النبي عليه الصلاة والسلام «لاَ يُصَلِّيَنَّ أَحَدُكُمْ فِي الثَّوْبِ الْوَاحِدِ لَيْسَ عَلَى عَاتِقِهِ مِنْهُ شَىْءٌ ». فهذا هو الأفضل والأكمل ولو صلى مقتصراً على الإزار وحده الساتر ما بين السرة والركبة أجزأه لقول النبي صلى الله عليه وسلم في حديث جابر “إِنْ كَانَ وَاسِعًا فَالْتَحِفْ بِهِ ، وَإِنْ كَانَ ضَيِّقًا فَاتَّزِرْ بِهِ”.
Jawaban:
Tidak diragukan lagi bahwa termasuk syarat sah shalat adalah menutup aurat, berdasarkan firman-Nya: { Wahai anak keturunan Adam kenakanlah perhiasan (pakaian yang baik) kalian setiap kali kalian mengerjakan shalat}
Dan para ulama telah sepakat atas batalnya shalat seseorang yang telanjang bulat padahal ia mampu menutup auratnya.
Dan termasuk dari syarat menutup aurat yaitu seharusnya pakaian yang menutup badan tersebut tebal tidak tipis. Jika tipis di mana terlihat dan nampak jelas dari luarnya warna kulit , maka itu tidak teranggap sebagai penutup aurat.
وبناءً على ذلك فإنه يجب على المسلم في أيام الحر أن يحترز من هذا اللباس -أعني النوع الخفيف- الذي يتبين من ورائه لون البشرة -أي لون الجلد- وعورة الرجل في صلاته ما بين سرته وركبته فلابد أن يستر هذه المنطقة كلها بثوب صفيق لا يتبين من ورائه لون البشرة وعلى هذا فإن ما ذكره السائل من كونه يُصلي يقتصر على السروال بدون أن يكون عليه رداء أو قميص فإن صلاته صحيحة مادام قد ستر ما بين السرة والركبة لكن الأفضل والأولى أن يتخذ الزينة كلها أو أن يجعل اللباس على البدن كله ولهذا قال النبي عليه الصلاة والسلام «لاَ يُصَلِّيَنَّ أَحَدُكُمْ فِي الثَّوْبِ الْوَاحِدِ لَيْسَ عَلَى عَاتِقِهِ مِنْهُ شَىْءٌ ». فهذا هو الأفضل والأكمل ولو صلى مقتصراً على الإزار وحده الساتر ما بين السرة والركبة أجزأه لقول النبي صلى الله عليه وسلم في حديث جابر “إِنْ كَانَ وَاسِعًا فَالْتَحِفْ بِهِ ، وَإِنْ كَانَ ضَيِّقًا فَاتَّزِرْ بِهِ”.
Karena itu, wajib atas seorang muslim di musim panas untuk tidak memakai pakaian ini-yaitu pakaian yang tipis ini-yang tampak dari luarnya warna kulit.
Aurat seorang pria dalam shalat yaitu antara pusar sampai lutut, maka daerah ini harus tertutup seluruhnya dengan pakaian tebal yang tidak tampak dari luarnya warna kulit.
Karena itu, apa yang disebutkan oleh si penanya di mana ia melaksanakan shalat hanya dengan mengenakan celana panjang tanpa memakai rida (mantel) atau baju, maka shalatnya sah dalam hal ini selama ia telah menutup antara daerah pusar sampai lutut.
Namun, yang lebih utama dan lebih baik baginya adalah mengenakan pakaian yang baik untuk seluruh badannya atau menjadikan pakaiannya menutup seluruh badannya. Karena itu Nabi عليه الصلاة والسلام  bersabda, “Janganlah salah seorang di antara kalian shalat hanya dengan satu pakaian tanpa ada sesuatu yang menutupi pundaknya. “
Maka inilah yang lebih utama dan lebih sempurna.
Kalau ia shalat hanya memakai sarung yang menutupi pusar sampai lutut, maka itu sudah cukup baginya, berdasarkan sabda Nabi dalam hadits Jabir,  “Jika pakaian itu sempit, jadikanlah sarung (ikatkan kainmu mulai di atas perut sampai ke bawah), jika kainmu luas sekali, maka selimutkan ke seluruh anggota badanmu. “
Sumber: http://www.ibnothaimeen.com/all/noor/article_2456.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar